IMG-20180710-WA0018

Mungkin momen PPDB sudah lewat beberapa saat yang lalu. Namun kita rasanya perlu menengok ke belakang sebentar melalui film India yang berjudul Hindi Medium (2017). Meski bukan film baru, namun rasa-rasanya jalan ceritanya sangat cocok dengan kondisi yang kita lihat bersama pada saat masa pendaftaran sekolah. Lika-liku pendaftaran dan berbagai jalan yang ditempuh demi mendapatkan sekolah sesuai harapan orang tua terutama.

Jalan legal maupun ilegal ditampilkan begitu baik melalui cerita film ini. Jika mau dibandingkan, tampaknya fenomena hiruk pikuk orang tua mencari sekolah di India dan di Indonesia kurang lebih sama.

Bagaimana pun jika kita mau mengambil hikmah cerita film yang hampir nyata ini, bahkan juga nyata adanya adalah: persiapan PPDB jauh-jauh hari, mental anak dan orang tua harus di tata dan terakhir pahami ketentuan dan patuhilah, tanpa coba melanggar ketentuan yang sudah dibuat. Jangan memaksakan anak-anak masuk sekolah melalui cara-cara ilegal, demi masa depan mereka.

Bersaing secara fair baik anak maupun orang tuanya. Sekolah favorit mulai dihilangkan, ketentuan zonasi mendekatkan anak dengan sekolah. Saya pun pernah merasakan memilih sekolah yang dekat dengan rumah adalah pilihan logis. Meskipun punya nilai yang cukup untuk masuk sekolah ‘favorit’ pada saat itu. Pengalaman membuktikan, jujur pada diri sendiri tanpa harus mengambil hak orang lain dengan segala cara adalah pengalaman yang baik untuk masa depan.