Sudah bukan rahasia lagi jika Bali merupakan destinasi wisata terbaik Indonesia, bahkan di dunia. Hal ini tentu saja tidak sekedar memiliki objek wisata, namun juga kesungguhan seluruh komponen yang ada di sini.

Pulau ini memang mempesona, bahkan sebelum kaki ini menjejakkan di atasnya. Dari jendela pesawat tampak jajaran sawah dan pegunungan yang masih terjaga.

Setiba di sini, keramahan khas budaya timur yang alami langsung terasa. Suasana yang tenang dan mempesona, serta jalan yang teratur tentu membuat nyaman siapa saja.

Kawasan kuta khususnya, meskipun pernah di goncang insiden beberapa tahun lalu, tetap menunjukkan keistimewaannya. Tentu saja sebagai objek wisata dunia, segala pernik dan kebutuhan ragam bangsa tersedia. Namun semuanya saling menghormati. Tidak usah memaksakan diri makan di resto berjajar di sekitar jalan utama jika memang tujuan kita adalah untuk menyegarkan diri. Banyak rumah makan/warung lokal yang halal, dan juga menjadi jujugan wisman yang berkantong cekak. Tidak ada masalah. Sejatinya semua yang datang ke sini bisa dipastikan memiliki tujuan sama, menikmati keindahan alam dan budaya pulau dewata. Tidak perlu diperdebatkan lagi.

Kalaupun mereka kemudian beraktivitas lain, tentu saja kita berharap tetap nilai positif bagi kita. Tidak perlu merasa paling baik atau paling tinggi norma kita. Satu kuncinya, saling menghormati dan menghargai. Jangan segan menyapa mereka dengan senyum tulus kita. Tidak harus menggunakan bahasa lisan, karena senyum adalah bahasa segala bangsa, termasuk bangsa kita, Indonesia.

Iklan