Sosialisasi di SMK

sebagai bagian upaya edukasi kepada masyarakat, khususnya pelajar yang akan memasuki dunia kerja, pagi tadi bersama teman-teman dari @ombudsmanjogja melakukan sosialisasi dan edukasi di salah satu SMK di Sleman. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali mereka yang akan segera meninggalkan bangku sekolah menuju jenjang selanjutnya.

umumnya pelajar smk setelah lulus adalah langsung masuk dunia kerja, bukan kuliah atau bahkan menikah, :). mereka sudah dibekali dengan kompetensi sesuai bidang jurusan yang ditempuhnya. sesuai kompetensi dan sertifikat serta ijazah tentunya mereka sudah siap masuk dunia kerja. namun demikian di sisi lain mereka perlu untuk mendapatkan pengetahuan mengenai lika-liku dunia kerja. mulai dari memilih perusahaan yang bonafid sampai dengan bekal mencermati surat kontrak kerja. hal tersebut sangat penting guna menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. jangan sampai pekerja menjadi objek tanpa mendapatkan gaji/upah yang sesuai dengan ketentuan.

hal utama adalah membekali diri dengan kompetensi dunia kerja, pengetahuan perjanjian kerja, dan bagaimana menjadi pekerja yang berkualitas namun tetap mampu melindungi dirinya dari ekplotasi pemberi kerja.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s