Kebun Binatang Gembira Loka

Sabtu pagi kami berkesempatan mengujungi Gembira Loka. Sebuah tempat di sisi timur kota jogja yang berisikan koleksi satwa dan tumbuhan. Tempat ini sangat mudah di jangkau dari arah manapun.
Dengan dua tiket undangan di tangan kami tiba di lokasi sekitr setengah sepuluh pagi. Meski sudah lewat masa libur sekolah, dan bukan hari libur namun pagi ini di lokasi sudah mulai ramai pengunjung. Beberapa bus rombongan dari luar kota/prov sudah terparkir di utara pintu masuk yang menghadap ke timur.
Masuk dari pintu gerbang pengunjung diarahkan mengikuti papan penunjuk yang memandu arah kaki melangkah. Belok kiri menyusuri pepohonan nan rindang (gembira loka selain kebun binatang juga sekaligus kebun raya). Sebelum kaki terlalu jauh melangkah, kami melewati bangunan yang berisi koleksi hewan dan tanaman yang diawetkan. Tidak terlalu banyak koleksiny namun cukup menarik di lihat.
Setelah itu kami melewati jalan menurun yang tampak licin dan lembab karena di bawah pepohonan besar. Tampak air melewati selokan kecil di kiri kanan jalan.

IMG_25012014_094855setelah itu memasuki jembatan yang melintang di atas sungai Gajah Wong, inilah salah satu keistimewaan lain dari Gembira Loka, memiliki sungai sendiri :). Setelah itu sampailah kita di samping sebuah danau buatan, yang di atasnya terdapat bangunan kapal dari beton yang dinamakan perahu katamaran, (blm tau artinya :)) ). Menelusuri pepohonan nan rindang di tepi danau tak terasa sampai pada beberapa kandang singa dan harimau, masih sama seperti  awal tahun 1990 an saat ke tempat ini bersama rombongan sekolah bapak saat itu.

Setelah itu melewati zona reptil yang memiliki koleksi berbagai macam jenis satwa dari belahan benua amerika dan australia. Koleksi di sini cukup lengkap dan menarik untuk diamati satu persatu. Setelah itu kami berjalan melintasi jalan naik yang cukup rindang menuju ke bird park, sebuah wahana yang nampaknya baru di buka. Didalamnya terdapat berbagai macam koleksi burung yang dilepaskan dalam wahana besar dan seolah seperti di alam bebas. Sungguh menarik penataan dan ragam burung didalamnya.

Selepas itu kami berjalan menuju kandang gajah, jerapah dan beberapa jenis rusa. Sampailah kami di sisi barat danau gembira loka, menikmati kesejukan pohon nan rindang sambil memandang perahu boat dan beberapa perahu lain di danau. Selanjutnya menuju ke sisi utara danau, kami naik perahu angsa yang digerakkan dengan tenaga kayuh, cukup menguras tenaga karena sudah lama tidak berolah raga. Mengayuh mengelilingi sepertiga danau disertai beberapa kali hempasan perahu boat cukup membuat khawatir karena tanpa pelampung, namun overall lumayan untuk refreshing.

Setelah turun dari perahu kayuh, kami naik ke bukit yang ada tulisan gembira loka zoo, cukup menarik untuk berfoto di sana. Tak terasa waktu sudah sekitar tiga jam berkeliling menikmati koleksi satwa dan taman nan rindang di @GlZooJogja , selamat menikmati

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s