Sabar

Sebuah kalimat yang sederhana, ringkas dan padat. kalimat ini biasanya lebih mudah untuk diucapkan, namun (biasanya lagi) susah untuk dijalankan.

Setiap orang memiliki batasan sendiri terkait kapan harus sabar dan kapan tidak harus sabar. Relativitas inilah yang katanya bisa menunjukkan kematangan pribadi seseorang. Pengalaman/kematangan usia, lingkungan, aktivitas sehari-hari dan masukan kepada pribadi itulah yang bisa menambahkan nilai-nilai pada suatu pribadi manusia.

Karakter manusia tidak bisa dirubah dalam waktu yang seketika, dalam bahasa jawa ada istilah “watuk iso diobati, ning watak ora iso diobati“, yang dalam bahasa indonesia artinya kurang lebih batuk bisa disembuhkan, namun watak/karakter tidak bisa diubah. Secara kasar/keras memang seperti itu. Namun kembali lagi bahwa karakter sifat manusia masih bisa di(ber)ubah sesuai dengan beberapa hal yang telah disebut diatas, antara lain lingkungan, aktivitas dan masukan kepada pribadi seseorang.

Karakter merupakan bawaan lahiriah seorang manusia, terbentuk melalui proses yang tumbuh seiring dengan usia dan lingkungannya dan bagaimana lingkungan memperlakukan manusia tersebut. Seorang anak laki-laki, jika tumbuh dengan perlakuan lingkungan wanita, bisa membuat karakter anak laki-laki tersebut menjadi wanita dan sebaliknya. Bahwa kita tidak boleh memandang satu sebab saja yang membuat/mempengaruhi karakter seseorang. Ada banyak sekali faktor pembentuknya. Maka dari inilah kita diharapkan bisa memahami dan memaklumi jika seseorang memiliki karakter tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Harapan adalah sesuatu yang ideal, dan fakta adalah realita.

maka  bersabarlah jika menghadapi orang yang tidak sesuai dengan keinginan kita    🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s