SAMBUNG KABEL CHARGER LAPTOP

Pernahkan anda mengalami suatu keadaan darurat, saat asyik menggunakan laptop, tiba-tiba kabel chargernya bermasalah, tidak mau isi suplai daya atau bahkan kabelnya putus karena cara kita menyimpannya kurang tepat.

Charger laptop yang rata-rata adaptornya berada di tengah-tengah membuat kabel outputnya sering tertekuk sehingga kemudian menyebabkan arus tidak berjalan ke laptop. Akibatnya terjadi penumpukan arus yang membuat kabel terasa panas di sekitar adaptor, yang akibat terburuknya bisa menyebabkan kabel putus, seperti yang saya alami beberapa saat yang lalu.

Pada waktu itu charger tidak bisa mengisi suplai daya ke laptop, dan setelah coba saya tekuk kabel di sekitar adaptor kadang kala suplai daya bisa tersalur, namun cara ini tidak disarankan, karena tekukan kabel tersebut membuat arus menumpuk dan pada akhirnya kabel putus dengan ciri tercium bau hangus kulit kabel terbakar. Jangan panik saat mengalami hal tersebut, karena semua bisa kita atasi dengan mudahnya. Pertama yang harus anda lakukan adalah mengamankan file di laptop dengan memindahnya ke flash disc atau hardisk eksternal sebelum daya yang tersisa benar-benar habis, sementara anda perlu segera mengerjakannya (antisipasi jika masalah charger tidak segera tertangani).  Yang kedua browsing dengan hape/smartphone anda via google, :-). Cari cara mengatasinya. Kebetulan saya menggunakan laptop versi jadul, yaitu Acer Travel Mate 4150 yang sebenarnya secara dalemannya memiliki kemampuan yang handal, buktinya sudah berusia delapan tahun, namun masih bisa dipakai ke mana-mana. Di sini saya akan berbagi pengalaman saat mengalami kabel charger yang putus, padahal kalo harus beli kabel pengganti harganya cukup mahal, sekitar dua ratus ribu-an.

Berdasar info di blog http://lughot.blogspot.com/2011/10/cara-memperbaiki-kabel-charger-laptop.html, berdasar petunjuk di blog ini perbaikan bisa dilakukan dengan beberapa bantuan alat dan tahapan. Namun di sini saya memberikan beberapa alternatif dari cara-cara yang telah diberikan di blog tersebut. Diantaranya setelah di tetesi minyak kayu putih kita bisa cukup dengan mencungkil sela-sela penutup charger dengan obeng tanpa harus memukulnya (kasihan, kalo harus kena pukul,he2).

Ini hasil setelah charger saya terbuka

Gambar Setelah terbuka dan menguarai bagian-bagiannya, saya mentok pada tahap itu, karena tidak memiliki solder, apalagi avometer sebagai syarat utama setelah menyambung kabel charger. Akhirnya saya putuskan untuk membawanya ke tukang servis elektronik terdekat. Kebetulan tidak jauh dari rumah ada tukang servis tivi yang saya yakin punya alat-latnya. Sesuai harapan saya di sana, kabel yang putus di bongkar sedikit, terus dicopot dengan solder dengan tiga pengerjaan kecil. Pada bagian pembungkus kabel output charger yang pada petunjuk di blog harus dibelah, ternyata tidak perlu dilakukan seperti itu, cukup dengan tang kabel bisa ditarik dan di lepas.

Gambar

Selanjutnya kabel yang masih panjang di masukkan pada pembungkus kabel output dan di pasang pada charger sesuai posisinya (jangan sampai salah posisi – dan + nya) dan di solder dengan rapi. Selanjutnya di tes dengan avometer untuk mencek apakah arusnya sudah tepat atau belum. Alhamdulillah dengan sekali pasang sudah selesai pekerjaan di tukang servis tivi. Ketika saya tanya harus bayar berapa untuk pasang kabel itu, tukang sevisnya tidak mau menyebut angka, dia katakan terserah saya. Akhirnya untuk tiga kali solder tersebut saya bayar lima ribu rupiah, semoga tidak kurang :-).

Setelah sampai rumah rangkaian charger tersebut saya pasang kembali, dan setelah pas pada posisinya masing-masing di tutup dengan terlebih dahulu memberi lem pada penutupnya. Dan akhirnya charger saya sudah siap digunakan kembali, tanpa harus membeli yang baru seharga dua ratus ribuan. Cukup dengan lima ribu rupiah, bahkan gratis bila ada alatnya di rumah, masalah kabel charger laptop yang putus bisa kita atasi. Silahkan mencoba, semoga bermanfaat.

Iklan

8 tanggapan untuk “SAMBUNG KABEL CHARGER LAPTOP

    1. gunting tentu saja untuk memotong kabelnya, biasanya pada tekukan kabel yang putus. Minyak kayu putih dioleskan pada celah yang memisahkan charger untuk membelah/membuka charger kita. ini lebih mudah dan cepat dari pada memukul-mukul charger. Setelah diolesi minyak kayu putih, cungkil dengan tang/tespen.

      Suka

  1. saya lupa tidak mengingat kabel positif dan negatif pada charger acer saya,…bagaimana saya bisa mengetahui perbedaan tersebut dan memasangnya kembali,..?
    mhon bantuannya

    Suka

    1. sejujurnya saya juga tidak terlalu paham mengenai posisi kable positif dan negatif,. kmrn yang saya lakukan adalah langsung membawanya ke tukang servis tv terdekat, bisa juga tukang servis yg lain (radio, alat2 rumah tangga, dll).sangat murah, lima ribu rupiah sudah tuntas

      Suka

    1. Agak susah kl posisiny di situ krna berdekatan dg konektor ke laptop. Kalaupun terpaksa di potong usahakan ad sisa dibagian dekat konektor sehingga bs di sambung. Jika tidak terpaksa cari konektor kanibalan yg bs untuk di sambung. Di servis laptop biasanya ad.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s